Pages

Minggu, 17 Februari 2013

Keistimewaan iPhone, Android ,Windows, BLackberry

Berbagai merek handphone touchscreen (smartphone) beredar dipasaran. Jumlah pembuatnya bertambah dari waktu ke waktu. Merek merek terkenal  iPhone, Android, Windows Phone dan Blackberry sangat digemari orang. Sekilas pandang barang-barang itu serupa semua. Akan tetapi jika melihat keistimewaan masing-masing merek, maka terlihat perbedaan yang jauh satu sama lain. Mari kita tinjau keunggulan beberapa merek.


1. iPhone buatan Apple yang sangat polpuler adalah handphone yang memuat ribuan applikasi untuk games photo album, music album, video album, social networking, office application dan internet. Dari begitu sangat banyak aplikasi pesawat ini sangat canggih untuk photo album, music album, video album dan games. Untuk menunjang fungsi ini maka memory disediakan sangat besar. Juga disediakan external Apple loudspeaker. Keistimewaan iPhone adalah sebagai mobile multi media player.


2. Android phone adalah jenis handphone seperti iPhone. Nama Android bukanlah merek handphone. Itu adalah nama sebutan operating system (OS) yang menjalankan handphone. OS ini diciptakan oleh Google Sedangkan handphonenya dibuat oleh perusahaan-perusahaan seperti Samsung, Motorola, Sonny Ericson, LG, HTC. Aplikasi Android mirip-mirip iPhone. Apa yang ada di Android bisa ditemui juga di Android.Tetapi dalam hal jumlah dan variasi iPhone mempunyai koleksi program yang jauh lebih banyak ketimbang Android yang baru saja lahir itu. Sekilas pandang iPhone dan Android memang beda tipis. Namun dalam hal keistimewaan keduanya berbeda sangat jauh. Bila iPhone istimewa sebagai mobile media player, maka Android istimewa sebagai mobile internet browser. Fungsi internet browsing pada Android lebih flexibel, lebih bervariasi dan lebih cepat dibanding iPhone.


3. Windows Phone juga jenis handphone seperti iPhone dan Android phone. Nama ini bukanlah merek handphone, tetapi nama operating system (OS), seperti halnya Android. OS ini dibuat oleh Microsoft. Handphonenya sendiri dibuat oleh perusahaan perusahaan seperti HTC. Aplikasi Windows Phone total beda dengan iPhone dan Android. Jumlahnya program yang tersedia juga jauh lebih sedikit. Keistimewaan Window & Phone juga beda dari pada iPhone dan Android. Pesawat ini bagus sebagai mobile document explorer. Fungsi document explorer pada Windows 7 lebih familiar dibanding iPhone dan Android.


4.Blackberry yang dibuat oleh Research In Motion (RIM) juga tergolong smartphone dan sering disebut-sebut sebagai kompetitor iPhone. BB juga dilengkapi dengan ratusan applikasi, namun jauh berbeda dengan iPhone, Android maupun Window 7 Phone. Keistimewaan BB adalah chating, sehingga pesawat ini bisa disebut sebagai mobile instant messanger Fungsi instant messanger (IM) tidak standard pada iPhone, Android maupun Windows 7 Phone. iPhone adalah mobile multimedia player yang paling sophisticated. Android phone adalah mobile internet browser yang paling solid. Windows Phone adalah mobile document explorer yang paling popolair. Blackberry adalah mobile instant messanger yang paling detail.

Conclusion:
Pilihan terhadap iPhone jatuh bila multifungsi handphone digandeng dengan fungsi game player, photo viewer, music player,video player. Iphone adalah handphone untuk entertainment. Pilihan terhadap Android phone jatuh bila multifungsi handphone digandeng dengan fungsi internet browsing. Android phone adalah handphone untuk file download. Pilihan terhadap Windows Phone jatuh bila multifungsi handphone digandeng dengan fungsi document editing. Windows Phone adalah handphone untuk office. Pilihan terhadap Blackberry jatuh bila multifungsi handphone digandeng dengan fungsi chating. Blackberry adalah handphone untuk communication in real time.


Suggestion:
iPhone cocok untuk semua umur. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga lanjut usia. Cara penggunaannya tergolong user friendly. Android phone cocok untuk kalangan mahasiswa, dewasa, executieve, profesional, pedagang, employee. Cara penggunaannya tidak tergolong user friendly, perlu pembelajaran dan ketekunan. Windows Phone cocok untuk kalangan executieve dan profesional kawakan. Penggunaannya tergolong user friendly. Blackberry cocok untuk semua umur. Mulai dari anak-anak, dewasa hingga lanjut usia. Juga untuk segala kalangan dan profesi. Cara penggunaannya tidak terlalu user friendly, perlu pembelajaran dan ketekunan.


Brand image:
iPhone adalah yang pertama kali muncul dan sudah sangat merakyat.iPhone adalah pionir handphone layar sentuh yang dkemudian dibuat juga oleh merek-merek besar seperti Android dan Windows Phone, Design dan tampilan gambar dilayar terkesan classical, mapan dan mantap. Logo apel tergigit warna perak memberi kesan relaksasi. Android phone adalah barang yang baru lahir kira-kira setahun. Belum banyak yang mengenal. Design dan tampilan dilayar terkesan inovative, futuristik dan techno. Logo robot warna hijau muda memberi kesan automatic technology dan ramah lingkungan. Windows Phone muncul setelah Android. Juga belum banyak dikenal. Design dan tampilan gambar dilayar terkesan elegant, intelek, berjaya. Barang ini memang punya kelas tersendiri dibanding iPhone, Android dan Blackberry. Logo Windows 7 memberi kesan bonafide. Blackberry yang hampir sepuluh tahun muncul juga sudah merakyat melebihi iPhone yang muncul hampir berbarengan. Design dan tampilan gambar dilayar memberi terkesan antik. Barang ini memang identik dengan keistimewaannya, yaitu chating, sehingga nama BB menjadi sebutan untuk handphone jenis ini. Banyak handphone meniru model BB. Logo huruf BB berwarna perak memberi kesan akan something special.

Mengingat perbedaan ini, maka mempunyai lebih dari satu merek handphone bukanlah hal yang berlebihan. Jumlah merek dengan keunggulan tersendiri masih akan bertambah. Misalnya Nokia sudah berjalan dengan OS Symbian sambil mengembangkan type-type baru. Samsung juga sedang mengembangkan OS tersendiri. Siapa memilih apa juga tergantung dari harga barang yang memang tidak murah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting